Spesifikasi ASUS ROG Strix X570-I Gaming

Dapat dikatakan bahwa AMD selalu menantang vendor motherboard. Butuh banyak waktu untuk mengembangkan motherboard Mini-ITX pada seri chipset ke-300, motherboard untuk Threadripper juga membutuhkan banyak jam kerja teknik. Dan sekarang, perlu untuk bekerja keras lagi untuk merancang papan di faktor bentuk Mini-ITX, yang akan mendukung prosesor saat ini, seperti yang mereka katakan, "tanpa hambatan."

Pengemasan dan peralatan

Kotak ASUS ROG Strix X570-I Gaming dengan bobotnya mengkhianati bahwa itu jauh dari model anggaran, segera menjadi jelas bahwa bobot dan motherboard, dan kit mungkin kaya, adalah benar. Desainnya, tidak asing lagi bagi perangkat dari garis ROG Strix.

Di dalam kotak, motherboard terletak di kompartemen terpisah, dikemas dalam tas antistatis, dan kit pengiriman berada di kompartemen terpisah di bawah palet kardus.

Paket termasuk:

  • empat kabel SATA, dua di antaranya dengan konektor berbentuk L di satu ujung;
  • kabel untuk menghubungkan strip LED alamat;
  • kabel ekstensi untuk menghubungkan panel depan rumah;
  • kabel ekstensi untuk menghubungkan Audio HD.
  • antena untuk Wi-Fi;
  • pasang untuk panel I / O;
  • dua "rami" untuk menginstal M.2 SSD;
  • ikatan kabel plastik hitam;
  • set stiker;
  • kartu sambutan;
  • disk driver;
  • instruksi terperinci;

Secara umum, kit yang sangat baik, dan hanya kehadiran disk driver yang mengecewakan. Bagi saya, Anda dapat meninggalkan kode QR dengan aman di halaman unduh driver di kartu selamat datang yang sama, dan itu akan lebih masuk akal.

Pilihan penampilan dan pencahayaan

Secara eksternal, ASUS ROG Strix X570-I Gaming adalah motherboard mini-ITX form factor yang paling “terisi” dan tampilan agresifnya sangat sulit untuk diperdebatkan. Yang utama adalah bahwa identitas korporat ROG Strix terlihat jelas, yang sulit diperdebatkan tentang daya tariknya.

Penampilan yang ketat dan penekanan pada corak abu-abu menghaluskan kehadiran lampu latar RGB, di tepi kanan papan sirkuit tercetak, dan pada disipator panas slot M.2. Nah, ada juga konektor untuk menghubungkan alamat dan strip RGB-LED biasa. Contoh lampu latar ditunjukkan di bawah ini dalam video.

Lokasi elemen, sistem tenaga dan pendinginan

Secara tradisional, kita akan mulai dari panel antarmuka belakang dan di sini, tidak seperti kebanyakan motherboard ASUS kelas atas, steker tidak terpasang, meskipun ini mungkin karena susunan komponen yang padat dan desain radiator yang rumit. Omong-omong, colokan memiliki perforasi, yang seharusnya memiliki efek yang baik pada pendinginan, dan ini akan sangat terlihat dalam kasus-kasus kecil.

Kekompakan papan sirkuit cetak juga tidak mempengaruhi jumlah port input / output, di antaranya adalah:

  • HDMI dan DisplayPort;
  • empat USB 3.2 Gen 2 (merah), salah satunya adalah Tipe C;
  • empat USB 3.2 Gen 1 (biru);
  • satu port Ethernet gigabit;
  • kesimpulan di bawah antena modul Wi-Fi / BT;
  • tiga Mini-Jack 3,5 mm yang menyala;

AMD menepati janjinya dan seri Ryzen 3000 mempertahankan soket AM4, yang belum mengalami perubahan. Saya hanya dapat melihat bahwa ada lubang di ruang soket di PCB untuk mengukur suhu intra-socket, yang sepertinya tidak diperlukan oleh pengguna rata-rata.

Untuk memberi daya pada prosesor, ada satu konektor 8-pin, yang ditutup dengan penguat logam. Terus terang, saya tidak melihat manfaat dari solusi semacam itu. Jauh lebih menarik untuk memahami sistem daya, yang dibangun di atas pengontrol PWM ASP1405I, yang diuji selama bertahun-tahun. Pengontrol dapat mengontrol fase sesuai dengan skema 4 + 2, yang tidak sesuai dengan gambar yang sebenarnya, yaitu dengan fakta bahwa di luar kita mengamati 10 fase dan tidak ada dublers di papan juga. Baru-baru ini, ASUS semakin tidak menggunakan ganda, mengklaim bahwa solusi ini lebih efektif, dan entah bagaimana sulit untuk memverifikasi ini. Tetap saja, kembali ke sistem daya prosesor. Dalam hal ini, empat fase nutrisi memiliki dua kelompok elemen, dan dua fase lainnya memberi makan SOC. Komponen yang digunakan berkualitas tinggi, MOSFET Infineon Technologies TDA21472, yang dapat beroperasi dengan arus hingga 70A,

Pendinginan sistem tenaga perlu mendapat perhatian khusus, karena dalam pengaturan yang begitu ketat para insinyur bertugas menjaga kompatibilitas dengan sejumlah besar sistem pendingin, termasuk udara, dan ini dengan kedekatan yang signifikan dengan lokasi soket dan sistem tenaga. Hasilnya adalah radiator desain yang agak menarik, yang juga ditiup oleh kipas kecil dengan diameter impeller 30 mm. Nah, karena ada kipas dalam desain ini, setelah membuka hanya dua sekrup, Anda dapat menghapus panggangan pelindung dan membersihkannya. Selain itu, panas dari sistem daya ditransfer ke pelat logam di bagian belakang papan sirkuit.

Sistem pendingin chipset juga tidak kalah keren. Ini dipasang pada satu modul dengan papan di mana jalur audio dan slot M.2 berada. Seluruh struktur diikat dengan dua sekrup, dan pembuangan panas yang efektif disebabkan oleh pipa panas di dasar radiator dan kipas dengan diameter baling-baling 30 mm. Panas dihilangkan dari chipset berkat panel termal yang agak tebal.

Ada dua slot DIMM, dan jumlah maksimum RAM adalah 64 GB, yang cukup realistis, karena tidak begitu sulit untuk menemukan modul memori 32 GB. Frekuensi RAM maksimum adalah 4800 MHz, yang tentu saja bagus, tetapi tidak masuk akal, karena dengan pembagi frekuensi bus Infinity Fabric dan RAM 1: 1, prosesor Ryzen Matisse beroperasi pada maksimum 3.800 MHz.

Tepat di atas slot DIMM, ada empat Q-LED yang memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengidentifikasi komponen sistem yang salah jika terjadi kesalahan selama startup sistem.

Hanya ada satu slot PCIe 4.0 x16, perlu dicatat bahwa dalam mode PCIe 4.0 hanya bekerja dengan AMD Ryzen 3000-series CPU, namun, kompatibel dengan PCIe 3.0 dan Anda dapat dengan mudah memasang kartu video dengan antarmuka PCIe 3.0 atau jika prosesor seri 1000 atau 2000 dipasang, kemudian, sesuai, itu akan bekerja dalam mode PCIe 3.0. Dengan semua APU saat ini, slot ini berfungsi dalam mode PCIe 3.0 x8.

Ada empat port SATA III untuk mengatur sistem file, tetapi jujur, sekarang dalam sistem yang ringkas, drive dalam faktor bentuk 2,5 less lebih jarang digunakan. Yang paling menarik adalah jumlah slot M.2, dan ada dua dari mereka dan keduanya dapat bekerja dengan drive SATA dan PCIe. Slot M.2_1, yang terletak di depan di bawah diffuser panas, berfungsi dalam mode PCIe 4.0 x4, yang memungkinkan pemasangan SSD yang sangat cepat. Saya ingin memperingatkan bahwa ketika melepaskan disipator panas slot ini, ada peluang untuk menarik kabel yang menghubungkan papan utama dan PCB kecil dari bantalan pendaratan, di mana slot ini dan komponen audio berada. Secara umum, tidak ada yang salah dengan ini, tetapi setelah perakitan lebih baik untuk memeriksa apakah kabel dipasang di tempatnya.

Kekompakan papan ini membuatnya terasa dan konektor koneksi tersebar di seluruh sekeliling papan. Tidak ada begitu banyak konektor port kabel USB, hanya satu USB 2.0 dan USB 3.2 Gen 1.

Kemungkinan pengorganisasian sistem pendingin sangat terbatas. Ada konektor 4-pin untuk menghubungkan pompa hingga 3A dan kipas CPU, serta satu konektor untuk menghubungkan kipas casing. Semua konektor dilengkapi dengan perlindungan yang berlebihan.

Meskipun kurangnya pelindung, gangguan atau kebisingan tanpa disadari. Jalur audio didasarkan pada codec Realtek ALC1220, kapasitor cair NipponChemi-Con Jepang digunakan di sirkuit, dan amplifikasi suara ditugaskan untuk dua amplifier operasional.

Bahkan dengan tiga soket Mini-Jack 3.5mm, mode suara 7.1 dapat diimplementasikan menggunakan skema berikut.

UEFI (BIOS) dan perangkat lunak

Antarmuka grafis BIOS belum mengalami perubahan visual. Seperti sebelumnya, semuanya sangat sederhana, tetapi untuk berinteraksi dengan antarmuka, Anda dapat menggunakan keyboard dan mouse. Secara global, UEFI dibagi menjadi dua mode operasi - Mode EZ, yang sangat cocok untuk pemula, karena hanya berisi pengaturan dasar dan tidak mungkin membawa sistem ke operasi yang tidak stabil.

Nah, jika Anda ingin mengonfigurasi semuanya secara detail, overclock prosesor, RAM dan putar timing, perbarui BIOS, maka Anda memiliki mode Advanced.

Mungkin, di seluruh paket perangkat lunak untuk ASUS ROG Strix X570-I Gaming, ia memainkan peran terbesar - AI Suite 3. Program ini dirancang untuk:

  • akselerasi otomatis dan penyetelan otomatis sistem pendingin;
  • Kontrol overclocking CPU dan GPU;
  • manajemen profil kinerja;
  • Kelola profil kinerja dalam aplikasi individual
  • penyetelan terperinci sistem pendingin;
  • manajemen daya prosesor;
  • Pembaruan BIOS.

Kontrol lampu latar telah pindah ke aplikasi Armory Crate, di mana semuanya dapat dikonfigurasi secara detail dan jelas. Selain itu, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk memperbarui driver dan perangkat lunak.

Selain memasang gaya yang sudah jadi, dalam aplikasi Aura Creator ada peluang untuk membuat gaya pencahayaan Anda sendiri, mengatur semuanya seperti yang Anda inginkan, tetapi Anda tidak bisa melakukannya dengan cara biasa.

Manajemen prioritas jaringan, serta mengatur akses aplikasi ke Internet, ditugaskan ke GameFirst 4.

Nah, untuk mengendalikan perangkat audio ada Sonic Studio III.

Secara umum, rangkaian aplikasi sangat bagus, tetapi sekarang desain yang benar-benar berbeda mencolok, karena beberapa aplikasi baru, dan beberapa telah kita lihat setidaknya untuk tahun keempat dan, menurut saya, semuanya perlu dibawa ke tampilan gaya tunggal.

Pengujian

Untuk memulai, jalankan sistem dalam stok penuh dengan RAM di profil JEDEC-2400. Tentu saja, hasil yang diharapkan sudah menunggu kami, tetapi ini adalah stabilitas sistem yang lengkap dan prosesor mencapai frekuensi yang dinyatakan tanpa masalah, namun, dengan maksimum satu inti.

Nah, yang benar-benar menarik adalah bagaimana sistem catu daya motherboard berperilaku di bawah beban yang berkepanjangan. Selain itu, bola RAM di-overclock ke mode DDR4-3600 CL16. Untuk menguji sistem daya prosesor, kami melakukan dua tes besar di OCCT. Tes LINPACK pertama, yang terus menerus digerus selama delapan jam dan tes OCCT kedua tanpa AVX berlangsung sedikit lebih dari empat jam. Anehnya, suhu maksimum yang berhasil saya baca sebagai pirometer dari radiator untuk mendinginkan sirkuit pasokan hanya 47 ° C, yang merupakan hasil yang sangat baik. Pada saat yang sama, memiliki sedikit kepercayaan pada suhu seperti itu, ia juga menggunakan multimeter dengan termokopel, yang menunjukkan nilai yang sama. Secara umum, tes ini menunjukkan pasokan besar sistem tenaga dan, memang,

temuan

Motherboard ASUS ROG Strix X570-I Gaming adalah produk tanpa syarat dan kompromi, dan jika Anda ingin memaksimalkan faktor bentuk Mini-ITX, Anda mendapatkannya dengan motherboard ini. Kadang-kadang Anda bahkan bertanya-tanya mengapa dia tidak tahu apa yang bisa dilakukan motherboard ATX lengkap. Dan ia memiliki semua yang mungkin diperlukan dalam sistem permainan tingkat atas. Dan dia terutama terkejut oleh margin besar "kekuatan" dari sistem tenaga.

Satu-satunya kelemahan yang menarik perhatian Anda hanyalah tiga konektor untuk menghubungkan kipas dan, tentu saja, Anda harus menggunakan splitter.

Sebagai hasil pengujian, motherboard ini menerima penghargaan - Pilihan Terbaik!

Belum ada Komentar untuk "Spesifikasi ASUS ROG Strix X570-I Gaming"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel