Spesifikasi motherboard ASUS Prime X570-Pro

Garis motherboard ASUS Prime tidak dapat dikatakan dengan jelas, karena, sebagai suatu peraturan, model awal dari lini ini memiliki fungsionalitas yang agak terbatas dan, pada saat yang sama, model Prime prime dengan mudah memenuhi kriteria "harga dan kualitas", dan fungsionalitasnya tidak terlalu dikurangi dalam perbandingan dengan model yang lebih mahal. Hari ini kita harus menguji motherboard ASUS Prime X570-Pro.

Pengemasan dan peralatan

Kotak ASUS Prime X570-Pro tidak menimbulkan kegembiraan, seperti yang kadang-kadang terjadi pada model teratas dari seri ROG (akan dibongkar dan dibongkar), di sini semuanya sederhana dan enak. Kemasannya terbuat dari karton dengan cetakan warna matte. Di sisi depan kotak, Anda dapat mengevaluasi tampilan motherboard, tetapi spesifikasi terperinci dapat ditemukan di sisi sebaliknya.

Paket termasuk:

  • dua kabel SATA, salah satunya dengan konektor berbentuk L di satu ujung;
  • kabel untuk menghubungkan strip LED alamat;
  • dua "rami" untuk menginstal M.2 SSD;
  • disk driver;
  • instruksi terperinci;
  • kartu dengan kartu diskon di Сablemod.

Secara umum, kit yang sangat baik, dan hanya kehadiran disk driver yang mengecewakan. Bagi saya, Anda dapat meninggalkan kode QR dengan aman di halaman unduh driver di kartu selamat datang yang sama - dan itu akan lebih berguna.

Pilihan penampilan dan pencahayaan

Secara eksternal, ASUS Prime X570-Pro mempertahankan fitur umum garis dan berhasil menggabungkan hitam dan putih, serta elemen logam yang berhasil masuk ke dalam desain. Secara umum, motherboard ini akan terlihat bagus dalam warna hitam dan putih.

Tentu saja, motherboard ini dilengkapi dengan ASUS Aura RGB-backlight, modul pertama terletak pada casing plastik, dan yang kedua adalah di dekat chipset heatsink, dan dengan tingkat probabilitas tinggi itu akan ditanggung oleh kartu video. Namun tidak hanya itu, ASUS Prime X570-Pro dilengkapi dengan dua konektor untuk menghubungkan strip RGB-LED dan satu konektor untuk menghubungkan strip LED yang dapat dialamatkan.

Lokasi elemen, sistem tenaga dan pendinginan

Nuansa yang sangat menyenangkan adalah steker panel antarmuka belakang segera dipasang pada motherboard dan tidak perlu dipusingkan dengan pemasangannya. Motherboard senang dengan satu set cukup input / output port, di antaranya adalah:

  • HDMI dan DisplayPort;
  • empat USB 3.2 Gen 2 (hijau), salah satunya adalah Tipe C;
  • empat USB 3.2 Gen 1 (biru);
  • satu port Ethernet gigabit;
  • S / PDIF dan lima Mini-Jack 3,5 mm;
  • satu kuno PS / 2.

Soket AM4 digunakan, yang tidak memiliki fitur desain. Anda hanya dapat melihat bahwa di ruang soket ada lubang di PCB untuk mengukur suhu intra-soket.

Untuk memberi daya pada prosesor, ada satu konektor 8-pin dan 4-pin. Sistem daya didasarkan pada pengontrol PWM yang relatif baru, ASP1106GGQW. Pengontrol dapat mengontrol fase dalam sirkuit 4 + 2, yang membuat Anda berpikir tentang desain sistem daya. Baru-baru ini, ASUS semakin tidak menggunakan pengganda, berdebat tentang efektivitas yang lebih besar dari solusi semacam itu, dan entah bagaimana sulit untuk memverifikasi. Tetap saja, kembali ke sistem daya prosesor. Dalam hal ini, empat fase nutrisi memiliki tiga kelompok elemen, dan dua fase lainnya memberi makan SOC. Komponen berkualitas tinggi digunakan, MOSFET Vishay Intertechnology SiC639 digunakan, yang dapat beroperasi dengan arus hingga 50A.

Dalam peran pendinginan untuk sistem tenaga radiator aluminium cukup besar, dengan sangat baik, dengan standar modern, finning.

Tidak banyak yang bisa dikatakan tentang sistem pendingin chipset. Ini adalah sepotong aluminium dengan radiator kompak, yang ditiup oleh kipas kecil, sementara panas ditransfer dari chipset melalui panel termal. Ukuran kipas ini bisa membuat Anda takut, karena bisa berisik. Bahkan, kipas ini tidak menimbulkan keluhan, hanya saja tidak bisa terdengar di balik suara komet lain.

Ada empat slot DIMM, dan jumlah maksimum RAM adalah 128 GB, yang cukup realistis, karena tidak begitu sulit untuk menemukan modul memori 32 GB. Frekuensi RAM maksimum adalah 4400 MHz, yang tentu saja bagus, tetapi tidak masuk akal, karena dengan pembagi frekuensi bus Infinity Fabric dan RAM 1: 1, prosesor Ryzen Matisse beroperasi pada maksimum 3.800 MHz.

Ada empat Q-LED di sebelah slot DIMM, yang memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengidentifikasi komponen sistem yang tidak berfungsi jika terjadi kesalahan selama startup sistem.

Ada cukup slot ekspansi, karena ada tiga PCIe 4.0 x16 (secara fisik 16x hanya bagian atas) dan tiga PCIe 4.0 x1. Saya perhatikan bahwa dalam mode PCIe 4.0 hanya berfungsi dengan CPU AMD Ryzen 3000-series, namun kompatibel dengan PCIe 3.0 dan Anda dapat memasang kartu video dengan antarmuka PCIe 3.0 tanpa hambatan atau, jika prosesor seri 2000 diinstal, ia akan bekerja sesuai Mode PCIe 3.0. Dengan semua APU saat ini, slot PCIe x16 teratas berfungsi dalam mode PCIe 3.0 x8.

Untuk mengatur sistem file, ada enam port SATA III dan dua M.2, yang dapat bekerja dengan drive SATA dan PCIe. Kedua slot M.2 dapat beroperasi dalam mode PCIe 4.0, yang memungkinkan Anda untuk menginstal SSD cepat, tetapi harganya cukup tinggi.

Kemungkinan untuk mengatur sistem pendingin sangat baik, karena segera ada tujuh konektor 4-pin untuk menghubungkan kipas, tetapi Anda juga dapat menghubungkan pompa pendingin cair dengan daya hingga 3A ke konektor tertentu.

Saluran audio didasarkan pada codec Realtek S1220A, kapasitor cair NipponChemi-Con Jepang digunakan di sirkuit. Kami telah melihat banyak sekali lebih dari sekali, tetapi apa yang sebenarnya hilang di sini adalah penguatan suara. Ingatlah bahwa jika Anda memiliki headphone impedansi tinggi, Anda tidak akan dapat mengayunkannya sepenuhnya.

(BIOS) dan perangkat lunak

Antarmuka grafis BIOS belum mengalami perubahan visual. Seperti sebelumnya, semuanya sangat sederhana, tetapi untuk berinteraksi dengan antarmuka, Anda dapat menggunakan keyboard dan mouse. Secara global, UEFI dibagi menjadi dua mode operasi - Mode EZ, yang sangat cocok untuk pemula, karena hanya berisi pengaturan dasar dan tidak mungkin membawa sistem ke operasi yang tidak stabil.

Nah, jika Anda ingin mengonfigurasi semuanya secara detail, overclock prosesor, RAM dan putar timing, perbarui BIOS, maka Anda memiliki mode Advanced.

Mungkin, dalam keseluruhan paket perangkat lunak untuk ASUS Prime X570-Pro memainkan peran terbesar - AI Suite 3. Program ini dirancang untuk:

  • akselerasi otomatis dan penyetelan otomatis sistem pendingin;
  • Kontrol overclocking CPU dan GPU;
  • manajemen profil kinerja;
  • Kelola profil kinerja dalam aplikasi individual
  • penyetelan terperinci sistem pendingin;
  • manajemen daya prosesor;
  • Pembaruan BIOS.

Kontrol lampu latar telah pindah ke aplikasi Armory Crate, di mana semuanya dapat dikonfigurasi secara detail dan jelas. Selain itu, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk memperbarui driver dan perangkat lunak.

Selain memasang gaya yang sudah jadi, dalam aplikasi Aura Creator ada peluang untuk membuat gaya pencahayaan Anda sendiri, mengatur semuanya seperti yang Anda inginkan, tetapi Anda tidak bisa melakukannya dengan cara biasa.

Pengujian

Kami tidak menunda pengujian motherboard ini, dan jika overclocking prosesor AMD Ryzen 3600X tidak masuk akal, kami melakukan overclock memori ke 3800 MHz CL16 dengan pembagi 1: 1, mis. FCLK 1900 MHz. Dalam mode ini, sistem bekerja sangat stabil, yang merupakan kabar baik.

Tentu saja, ada baiknya memeriksa suhu sirkuit daya dengan prosesor yang jauh lebih efisien, tetapi kami memiliki apa yang kami miliki. Untuk meniru beban, kami menggunakan tes OCCT dengan AVX2, yang memanaskan prosesor dengan baik dan dibiarkan dalam mode ini, tanpa pendinginan tambahan, selama satu jam. Suhu akhir direkam menggunakan pirometer dan sebesar 49,7 ° C, yang menunjukkan margin keselamatan yang memadai untuk sistem tenaga. Suhu chipset disimpan dengan aman di wilayah 60-64 ° C pada suhu kamar ~ 27 ° C.

Kami mengakhiri dengan tes, tetapi segera kami akan menerapkan tes video di mana motherboard ini telah membuktikan dirinya dengan sangat baik.

temuan

ASUS Prime X570-Pro adalah contoh bagus lain dari motherboard yang mencakup semua yang bisa berguna untuk penggunaan sehari-hari dan bahkan lebih sedikit. Memiliki fungsionalitas yang sangat baik dan pasokan daya yang cukup untuk prosesor kelas atas, motherboard ini, seperti yang lainnya pada chipset AMD X570, cukup mahal dan Anda harus benar-benar berpikir apakah Anda memerlukan PCIe 4.0 atau memperhatikan motherboard dengan chipset ke-400. seri.

Belum ada Komentar untuk "Spesifikasi motherboard ASUS Prime X570-Pro"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel